Facebook

PENGERTIAN CD ROM

Pengertian CD ROM












Pengertian CD ROM
 
    CD ROM adalah salah satu memori komputer sekunder. Pada tahun 1983 mulai diluncurkan Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itu, mulai berkembanglah teknologi penyimpanan dengan menggunakan optical disc. CD-ROM terbuat dari mesin polycarbonate dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti aluminium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening.
Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut, sementara motor memutar disk. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa-bawa. Kapasitas penyimpanannya pun cukup besar, hingga saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.

RINGKASAN CD ROM

Kepanjangan dari CD ROM adalah Compact Disc Read-Only Memory (CD Memori Baca-Saja). Pengertian CD ROM, CD ROM adalah sebuah cakram padat dari jenis cakram optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.

PENGERTIAN CD ROM PENGERTIAN CD ROM Reviewed by Unknown on 9:13 PG Rating: 5

Tiada ulasan:

Dikuasakan oleh Blogger.